Pucok Krueng, ‘Tebar Pesona’ di Mata Pengunjung

Menelusup di balik bebukitan, membuat keindahan pucok krueng tak henti mengundang decak kagum. Hijaunya pepohonan yang memeluk kawasan tersebut membuat segar mata memandang. Sinar pucok krueng mulai timbul ke permukaan sejak beberapa tahun terakhir. Pesona itu nyata membayang pada jernihnya air biru tosca yang menggenangi sungai yang menyerupai telaga. Berdinding batu cadas yang membentengi sekelilingnya. pucok krueng ‘tebar pesona’ di mata pengunjung.

Saya berkesempatan menyusuri Gua Pucok Krueng yang legendaris. Sebuah gua berdiri gagah di sisi hulu sungai. Bongkah-bongkah batu mengapit jalan setapak dengan kontur menanjak dan menurun. Cahaya matahari mengintip di sela-sela pepohonan besar menuju gua yang berada tak jauh dari hulu sungai. Keduanya mempunyai satu kesamaan, sama-sama jernih dengan warnanya yang biru tosca. berdinding batu cadas yang mengapit mulut gua. Menurut cerita, jika disusuri gua tersebut berujung ke sungai hulu di Kawasan Lamno, Kabupaten Aceh Jaya.

Pucok Krueng belum banyak dituturkan pelancong karena letaknya yang tersembunyi di kecamatan Lhoknga. Keindahan alami persembahan alam Aceh Besar ini menawarkan ketenangan yang bakal membuatmu enggan pulang. Jika punya nyali lebih, kamu bisa mencoba berenang di pucok krueng yang terbilang dalam. Seutas tali yang menggantung di sisi tebing menantang nyali pengunjung. Bersantai ria di pondok bisa jadi pilihan menyenangkan. Merasakan sensasi lebih dekat dengan alam yang mendamaikan jiwa dan menenteramkan pikiran. Siapkan kameramu dan abadikan setiap jengkal keindahannya.